Kuliah Umum Bersama DR-Ing Paryanto, S.T, M.T

Kuliah Umum Bersama DR-Ing Paryanto, S.T, M.T yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Juli 2019 di Gedung Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang dengan Tema “Bekal Mahasiswa Dalam Revolusi Industri 4.0”

Revolusi industri saat ini telah memasuki era 4.0, yaitu sebuah gagasan menuju terciptanya “PABRIK PINTAR”. Industri 4.0 dianalogikan sebagai revolusi industri keempat, setalah adanya penemuan mesin uap, sistem produksi massal dan otomasi.

Karakteristik pabrik dalam Industri 4.0:

  • Sistem produksi yang flexsibel, jumlah produksi yang sedikit dan kustom
  • Adanya integrasi antar kustomer dan pabrikan yang lebih erat, baik dalam desain, proses maupun kualitas yang di inginkan.
  • Adanya konektivitas antar mesin/orang/sistem, dan sistem produksi yang lebih transparan

Mahasiswa merupakan ujung tombak dalam pembangunan bangsa, apalagi dalam menghadapi era revolusi industri seperti saat ini. teknologi telah mendistrupsi dalam segala aspek. Untuk itu Mahasiswa terutama Prodi Teknik Mesin harus membekali diri dengan berbagai bidang keilmuan (tidak hanya ilmu mesin) tetapi juga elektronika dan pemrograman (IT) agar mampu bersaing di dunia kerja ataupun wirausaha.

Materi dapat dibaca dibawah [embeddoc url=”http://teknikmesin.upgris.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/2019_07.10_Toward_Industry4.0_Paryanto_Public.pdf” download=”all”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *