Tata Tertib Perkuliahan

Registrasi Akademik

  1.  Registrasi akademik adalah pendaftaran untuk memperoleh hak mengikuti kegiatan akademik bagi mahasiswa pada suatu semester.
  2. Tatacara dan aturan pelaksanaan registrasi akademik secara rinci diatur dalam Manual Prosedur    Registrasi Universitas PGRI Semarang.

SISTEM PENYELENGGARAAN AKADEMIK

1. Penyelenggaraan pendidikan di Teknik Mesin UPGRIS Semarang menganut sistem kredit semester (SKS), dengan pengertian:
a. Sistem kredit semester adalah suatu sistem penghargaan terhadap beban studi mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program pendidikan yang dinyatakan dalam satuan kredit semester.
b. Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan 14 – 16 minggu kerja.
c. Satuan Kredit Semester (SKS) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas usaha kumulatif bagi suatu program tertentu serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi dosen.
2. Tujuan umum diberlakukannya SKS adalah: a) penyelenggaraan program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel, sehingga Perguruan Tinggi dapat lebih memenuhi tuntutan pembangunan; b) memberi kemungkinan lebih l uas kepada dosen untuk menentukan dan mengatur strategi proses belajar mengajarnya sehingga diperoleh hasil yang sebaikbaiknya sesuai dengan rencana dan kondisi masing-masing peserta didik

SATUAN KREDIT SEMESTER

1. Satu sks untuk kuliah setara dengan upaya mahasiswa yang meliputi keseluruhan tiga macam kegiatan perminggu, yaitu:
a. 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan dosen misalnya dalam bentuk kuliah.
b. 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal, tetapi    direncanakan oleh dosen, misalnya dalam bentuk membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal – soal.
c. 60 menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan, atau tujuan lain suatu tugas akademik, misalnya dalam bentuk membaca buku referensi.

TATA TERTIB MENGHUBUNGI DOSEN (SMS/EMAIL/WA)

  1. Menggunakan bahasa yang sopan, baik dan benar
  2. Diawali dengan salam (Selamat Pagi, siang, malam) atau pun sesuai agama dosen yang bersangkutan
  3. Permohonan Maaf
  4. Perkenalkan nama/semester/prodi dan keperluan
  5. Ucapan terimakasih
  6. menghubungi dosen diharapkan tidak melampaui jam istirahat malam